Takut akan Tuhan Permulaan Pengetahuan

Pemb. Alkitab  :  Amsal 1 : 1 – 7

Amsal dari kata Ibrani masyal yang memiliki arti luas seperti peribahasa, misal, umpama, perumpamaan, ibarat dll. Ciri-ciri Amsal yaitu singkat, padat, mudah diingat, bertolak dari pengalaman nyata berisi nasehat atau mengungkapkan kebenaran umum tentang perilaku manusia serta memiliki tujuan yang praktis. Isinya kadang-kadang berlawanan atau bertentangan dengan kebenaran atau pendapat umum namun kenyataannya mengandung kebenaran. Amsal 1 : 1 – 7 berisikan tentang hikmat, tujuan hikmat dan sumber hikmat.

Kitab Amsal pasal 1 : 1-7 mengajarkan kita beberapa hal :

  1. Pendidikan itu penting dan merupakan suatu proses yang tidak pernah selesai. Orang yang bijak tidak pernah mersa puas ia selalu ingin belajar.
  2. Tuhan adalah sumber hikmat tertinggi dan benar. Penting bagi manusia untuk hidup untuk takut akan Tuhan sebab hidup yang takut akan Tuhan adalah pangkal akan pengetahuan. Kepandaian dan kemampuan yang ada pada manusia berasal dari Tuhan sumber hikmat. Siapapun yang datang memperoleh hikmat dari padaNya akan memiliki dan menjalani dengan hidup bijaksana, bermoral tinggi dan selaras dengan kehendakNya.
  3. Pendidikan dan pengajaran ilmu menurut paham iman kristen adalah tugas yang diterima dari Tuhan. Norma-norma untuk gereja dan keluarga-keluarga kristen menunaikan tugas tugas pendidikan baik secara formal (melalui pendirian sekolah-sekolah GMIT) maupun non formal (pendidikan dalam keluarga) adalah hormat akan Tuhan sebagai pangkal pegnetahuan.

Jadi takutlah akan Tuhan karena takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan.

Amin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*