Artikel

Arti dan Makna Lilin Adven

Terhitung 2 Desember 2018, kita mulai memasuki masa Adven. Adventus dalam bahasa latin berarti kedatangan Tuhan. Dalam Masa Adven kita menantikan kedatangan Tuhan Yesus untuk melaksanakan karya Penebusan Allah. Penantian bangsa Israel akan kedatangan Mesias selama empat abad, sejak jaman Nabi Mikha, dilambangkan dengan empat lilin dalam lingkaran adven.

  • Lilin Pertama (Harapan) disebut Lilin Nabi yang mengingatkan bahwa kedatangan Sang Raja Damai, yaitu Yesus Kristus sudah diwartakan oleh para nabi. Ia akan memerintah demi kemuliaan Yahwe sehingga rakyat-Nya akan hidup dengan aman dan dami. Raja Damai itu pun akan dimuliakan sampai ke ujung bumi (Roma 15:12-13).
  • Lilin Kedua (kesetiaan dan cinta) disebut Lilin Betlehem yang mau menegaskan bahwa Sang Juru Selamat akan lahir di dalam hati kita. Betlehem merupakan gambaran tentang hati manusia (Lukas 3:4-6).
  • Lilin Ketiga (Sukacita)disebut Lilin Para Gembala yang melambangkan bahwa pemberitaan tentang kelahiran Sang Juru Selamat untuk pertama kalinya kepada orang-orang yang tulus dan rendah hati (Lukas 2:10).
  • Lilin Keempat (perdamaian)disebut Lilin Para Malaikat yang menggambarkan tentang kebahagiaan/sukacita besar bagi kita yang menyambut kedatangan Sang Juru Selamat dengan iman. Sukacita yang sejati adalah damai di dalam hati. Damai yang sejati tersebut hanya didapatkan dari Tuhan Yesus yang lahir bagi kita. Agar dapat mengalami damai sejati itu, kita hendaknya menyiapkan diri kita untuk menyambut kedatangan-Nya dengan pertobatan (Lukas 2:4).

 

Tuhan Memberkati!!

Share Postingan Ini...
  •