Ringkasan Khotbah

Menanti Dalam Pertobatan

Thema : “Menanti Dalam Pertobatan”

(Markus 1:1-8)

Oleh: Pdt. JudithNunuhitu-Folabessy, M.Si

 

Menanti adalah hal yang banyak kali mewarnai kehidupan kita. Ketika berniat untuk menikah, kita menanti pasangan yang tepat. Ketika mendambakan keturunan, kita sabar menanti. Ketika ingin mendapat pekerjaan, kita menanti dengan setia, dsbnya. Artinya ada banyak aktivitas hidup kita yang kita lewati dengan menanti.

Hari ini untuk kesekian kalinya, kitapun masuk dalam masa penantian ADVEN. Masa Adven adalah masa di mana kita diajak untuk menatap ke depan. Jadi orang yang menanti adalah orang yang mengarahkan hati pada apa yang diharapkan akan terjadi.

Tetapi yang unik adalah, pada masa Adven tidak hanya mengajak kita menatap ke depan. Masa Adven juga mengajak kita menengok ke belakang. Merayakan Adven adalah menantikan apa yang masih akan terjadi, dan sekaligus memperingati apa yang telah terjadi. Merayakan Adven adalah menanti sekaligus memperingati Tuhan yang datang, yang dalam PL (kitab Yesaya) digambarkan sebagai Tuhan yang akan memberikan pembebasan dan penghiburan bagi umat yang sedang mengalami penderitaan.

Tuhan yang akan membebaskan umat dari penderitaan itu oleh Injil Markus disebut “Dia Yang Berkuasa” yang akan membaptis umat dengan Roh Kudus (Markus 1:7-8). Tuhan ini adalah Mesias, Yesus yang disebut Kristus, karena Dialah yang dipilih dan diurapi Allah menjadi Penyelamat dan Tuhan.

Lalu bagaimana caranya kita mengisi masa penantian ini?

  1. Mempersiapkan jalan bagi Tuhan.

Seruan ini sekaligus mengajak kita semua untuk menyiapkan atau merapikan hidup kita menyongsong kedatangan Sang Mesias. Kita harus terus mengarahkan hidup kita kepada perwujudan pengampunan, kasih, perdamaian dengan semua orang. Karna sang Mesias adalah raja damai.

  1. Bertobatlah dan Beri diri dibaptis

Kata “bertobat” yang dipakai disini artinya “berbalik”. “Berbalik” bukan menyangkut daya pikir atau “mengubah pikiran”, tetapi menyangkut manusia seutuhnya, pikiran, perasaan, sikap, dan cara hidup manusia. Tanda dari pertobatan itu adalah baptisan.

Oleh karena itu, marilah kita mengisi masa-masa penantian/adven dengan mempersiapkan jalan bagi Tuhan dan bertobatlah.

 

Tuhan memberkati !!!

Share Postingan Ini...
  •