Artikel

DAFTAR BACAAN ALKITAB GMIT TAHUN 2020

PENJELASAN DAFTAR BACAAN ALKITAB GMIT TAHUN 2020

Saudara-saudari seluruh warga GMIT yang dikasihi Tuhan,
Daftar Bacaan Alkitab GMIT ini disusun untuk memandu semua penyelenggaraan ibadah minggu, hari raya gerejawi dan hari raya khusus di Gereja Masehi Injili di Timor selama tahun pelayanan 2020, sejak 01 Januari 2020 sampai dengan 01 Januari 2021.
Draft Daftar Bacaan ini disusun oleh 2 UPP di Majelis Sinode, yaitu UPP Teologi dan PAG serta UPP Fungsional, Profesional, dan Pengembangan Liturgi serta Musik Gereja. Setelah dikoreksi oleh Majelis Sinode Harian GMIT, maka Daftar Bacaan Alkitab ini dirampungkan dan diterbitkan.
Sehubungan dengan terbitnya Daftar Bacaan Alkitab GMIT Tahun 2020 ini, maka kami mohon perhatian saudara-saudari terhadap hal-hal berikut:

  1. Dalam Daftar Bacaan ini, tema periode pelayanan tahun 2020-2023 dan Sub Tema tahun 2020, dijabarkan dalam tema caturwulan, dan selanjutnya diterjemahkan dalam tema bulanan serta tema mingguan. Dengan demikian, semua bentuk pelayanan, termasuk ibadah, di jemaat-jemaat GMIT dapat berjalan bersama-sama mencapai tujuan sub tema, yang merupakan turunan dari tema periodik kita “Roh Kudus Menjadikan dan Membaharui Segenap Ciptaan”.
  2. Daftar Bacaan ini berisi masa raya, nas bacaan, warna liturgi dan simbol (stola), serta tema dan pokok-pokok khotbah. Masa raya menunjukkan pada ibadah hari raya gerejawi, hari raya khusus di GMIT, hari raya Nasional dan ibadah minggu. Nas bacaan ada dua, yaitu mazmur dan khotbah. Juga dalam daftar ini dicantumkan warna liturgi/simbol (stola) yang memuat warna liturgi sesuai hari raya gerejawi, hari raya khusus dan ibadah minggu; serta tema dan pokok-pokok khotbah. Masa raya yang dicetak dengan huruf tebal adalah termasuk Hari Libur Nasional.
  3. Dalam daftar ini juga diatur pelaksanaan pelayanan Sakramen Perjamuan Kudus sebanyak 4 kali, yaitu di tanggal 09-13 April, 07-12 Juli, 06-11 Oktober dan 27-30 Desember. Pencantuman tanggal tersebut mempertimbangkan juga pelayanan di jemaat yang bermata jemaat.
  4. Dengan adanya pokok-pokok khotbah, maka untuk tahun ini, UPP Fungsional, Profesional dan Pengembangan Liturgi serta Musik Gereja hanya bertanggung jawab menyusun tata ibadah tertentu untuk Hari Raya Gerejawi dan Hari Raya Khusus.
    Akhirnya, kami mengucapkan selamat menata dan melayani kehidupan iman warga jemaat se-GMIT; dengan doa semoga pelayanan kita mendatangkan pertumbuhan iman dan berbuahkan kebenaran bagi tujuan pelayanan bersama, terutama di tahun 2020 sebagai tahun pertama di periode pelayanan 2020-2023. Solideo Gloria!

Kupang, Awal Desember 2020
MSH GMIT

Share Postingan Ini...
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *